Kamis, 05 April 2012

Penelitian Tindakan Kelas


1. Sebutkan domein/area permasalahan PTK dan berikan contoh!
  • Dalam Interaksi Pembelajaran
         a. Siswa kurang aktif dalam diskusi kelas
         b. Pemahaman siswa terhadap pelajaran rendah
         c. Respons siswa terhadap pendapat siswa lainnya sangat kurang
         d. Sebagian jawaban hasil tanya jawab banyak yang menyimpang
  • Berkaitan dengan prestasi Belajar
         a. Nilai yang dicapai siswa dalam mata pelajaran seorang guru kurang
         b. Nilai EHB rata-rata kurang dari 50
         c. Siswa pintar sering mendapat nilai rendah saat diberikan nilai objektif
         d. Siswa kurang mampu menerapkan rumus yang diberikan
  • Disiplin Belajar
         a.Beberapa siswa tidak mengerjakan tugas atau PR
         b.Siswa tidak memperhatikan pelajaran
         c.Selama pelajaran berlangsung, siswa ada yang mengantuk
         d.Siswa banyak yang saling mencontoh ketika diberi tugas di kelas
2. Apa saja kriteria untuk mengidentifikasi masalah dalam konteks PTK?
  1. Jangan memilih masalah yang tidak anda kuasai
  2. Ambillah topik skalanya kecil dan relatif terbatas
  3. Pilih masalah yang dirasakan paling penting bagi anda dan siswa anda
  4. Usahakan dapat dikerjakan secara kalaboratif
3. Sebutkan langkah-langkah dalam menganalisis masalah yang ditemukan!
  • Merenungkan kembali masalah tersebut, dengan cara mengajukan sejumlah pertanyaan yang harus anda jawab sendiri.
  • Anda dapat bertanya kepada siswa anda, apa yang terjadi sehingga nilai ulangan atau ujian mereka selalu rendah, atau mengapa mereka tidak tertarik kepada pelajaran tersebut
  • Anda dapat menelaah berbagai dokumen yang berkaitan dengan hasil belajar siswa
4. Bagaimana proses perumusan masalah dalam PTK?
     Dalam merumuskan masalah perlu kita cermati bahwa masalah yang akan dirumuskan tersebut merupakan masalah yang akan dicari jawabannya melalui penelitian tindakan kelas. Rumusan masalah sudah menyiratkan apa yang akan dilakukan oleh guru untuk mengatasi masalah tersebut. Contoh. Di suatu pelajaran mata pelajaran matematika, banyak siswa yang mengeluh karena merasa kesulitan dengan rumus dan keterbatasan alat peraga yang digunakan. Mereka asik dengan teman sebangku, tidak konsentrasi belajar karena guru menjawab pertanyaan sendiri di papan tulis. Rumusan masalahnya adalah Bagaimana cara menggunakan alat peraga, berkomunikasi yang baik dengan siswa, memberi balikan, dan menggunakan penguatan untuk motivasi siswa agar tertarik dengan pelajaran Matematika.
5. Bagaimana cara mengembangkan alternatif tindakan?
    Setelah merumuskan masalah kita akan melakukan alternatif tindakan, memikirkan bagaimana cara mengatasi masalah tersebut dengan kata lain anda mencari jawaban sementara dari masalah itu.
  • Mengkaji teori-teori yang relevan
  • Terapkan  teori mana yang kira-kira sesuai diterapkan untuk mengatasi masalah tersebut
  • Diskusikan dengan pakar pembelajaran/pakar bidang studi untuk menemukan cara perbaikan atau memvalidasi teori yang sudah ditetapkan.
6. Bagaimana cara menentukan dan mempersiapkan prosedur dan instrumen pengumpulan data?
  1. Observasi oleh teman sejawat untuk merekam cara guru menjelaskan dan keaktifan siswa
  2. Wawancara dengan siswa setelah pelajaran selesai
  3. Analisis dokumen (hasil latihan siswa)
7. Buatlah susunan rencana perbaikan secara lengkap!
a. Membedakan persiapan yang harus dilakukan guru sebagai pengajar dengan guru sebagai peneliti.
b. Membedakan pelaksanaan kegiatan guru sebagai pengajar dengan guru sebagai peneliti.
c. Membedakan pengumpulan informasi guru sebagai pengajar dengan guru sebagai peneliti.
d. Membedakan pemanfaatn informasi yang dikumpulkan guru sebagai pengajar dengan guru sebagai pelaksana teknis.
e. Dengan memperhatikan kegiatan pembelajaran dapat menentukan kekurangan yang terjadi.
f. Dengan memperbaiki langsung kekurangan-kekurangan dalam pembelajaran sehingga hasil belajar peserta didik akan lebih meningkat kualitasnya.

8. Sebutkan langkah-langkah persiapan untuk mengembangkan alternatif tindakan!
a. Membuat skenario, yang berisikan langkah dalam proses pembelajaran yang intinya adalah tindakan yang diintervesikan.
b. Mempersiapkan sarana dan fasilitas yang dapat digunakan dan mendukung pelaksanaan tindakan.
c. Mempersiapkan cara mengobservasi.
d. Melakukan simulasi baik diantara sesama teman dalam tutorial atau dikelas anda masing-masing.
9. Jelaskan aspek yang berkaitan dengan proses penyusunan proposal PTK!
A. JUDUL PENELITIAN
1. Singkat, jelas dan operasional (dapat diukur)
2. Menggambarkan variabel yang akan diukur:
Contoh: Model pendekatan heuristik untuk pemecahan masalah dalam pembelajaran PKN di SMP Kelas 2.
3. Diletakkan di halaman judul, dilengkapi dengan nama, UPBJJ, nama kota dan tahun.
Contoh halaman judul:
Model pendekatan heuristik untuk pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika di SD Kelas 3
NAMA PENELITI
NIP
UPBJJ-UT
NAMA KOTA
TAHUN
(contoh)
1. Judul penelitian:.............................................
2. Peneliti:
a. Nama lengkap dan gelar
b. NIP
c. Gender
d. Pekerjaan
e. Sekolah Tempat Mengajar
f. Alamat rumah
g. Nomor telepon
Rumah/kantor
HP
Kepala Sekolah
Kepala UPBJJ
Yogyakarta,     2012
Peneliti
4. Menggambarkan upaya perbaikan pembelajaran
5. Mencantumkan tempat penelitian
6. Contoh:
a. Penggunaan model pembelajaran heuristik untuk pemecahan masalah dalam pembelajaran PKN di Kelas 2 SMP.
b. Penggunaan alat peraga misalnya Peta dalam pembelajaran PKN untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas 2 SMP
6. Halaman lain sebagai pelengkap:
a. Halaman pengesahan ditandatangani 3 pihak yang berkepentingan: mahasiswa pelaksana PTK, Kepala Sekolah dan Kepala UPBJJ setempat. Nama lengkap berserta gelar kesarjanaan dan NIP.
b. Data peneliti:
3. Judul penelitian
4. Peneliti:
a. Nama lengkap dan gelar
b. NIP
c. Gender
d. Pekerjaan
e. Sekolah Tempat Mengajar
f. Alamat rumah
g. Nomor telepon/Rumah/Kantor/HP/dll.
B. PENDAHULUAN
· Latar belakang masalah atau analisis situasi
· Identifikasi masalah:
Permasalahan: masalah pembelajaran yang dihadapi guru secara umum)
Identifikasi masalah (rincian masalah)
· Pembatasan masalah (fokus penelitian)
· Tujuan penelitian (secara umum)
C. PERUMUSAN DAN PEMECAHAN MASALAH
  • Perumusan masalah
  • Pemecahan masalah
D. TUJUAN PENELITIAN (jabarkan secara rinci apa yang ingin diperbaiki)
E. MANFAAT PENELITIAN (bagi siswa, guru, dan sekolah)
F. KAJIAN PUSTAKA
1. Kajian teori sesuaikan dengan judul dan gunakan pustaka yang relevan dan mutakhir). Contoh
 Model pendekatan heuristik dan pemecahan masalah dalam pembelajaran PKN di Kelas 2 SMP. Kajian teori difokuskan pada:
· Model pendekatan heuristik: ”apa yang disebut model heuristik? (definisi, keunggulan dari model ini, dst.), mengapa digunakan model ini?, hasil penelitian berdasarkan model ini, dst. Semua penjelasan disertai dengan sumber pustaka.
· Pembelajaran PKN di SMP: tujuan, konsep, dan implementasinya.
· Pemecahan masalah: bagaimana model ini mampu meningkatkan pemahaman siswa, jelaskan!
2. Kerangka teori/berpikir (theoretical framework)
Proses perbaikan pembelajaran PKN melalui penggunaan Model Heuristik:
3. Hipotesis Tindakan atau pertanyaan penelitian: (lihat Materi Inisiasi 2)
· Nyatakanlah hipotesis tindakan sesuai dengan aspek/variabel di atas;
· Atau dapat juga dengan menyusun pertanyaan penelitian sesuai dengan variabel yang Anda teliti.
· Pertanyaan penelitian ini harus Anda jawab pada bab pembahasan, setelah Anda memperoleh temuan atau hasil penelitian.
G. RENCANA DAN PROSEDUR PENELITIAN
· Berbentuk flowchart tentang urutan kegiatan pelaksanaan penelitian per siklus.
H. JADWAL PENELITIAN
· Berbentuk flowchart tentang urutan dan jangka waktu (bulan/minggu) pelaksanaan penelitian



Tidak ada komentar:

Posting Komentar